Senin, 16 Januari 2012

KISI-KISI UN SD IPA 2011/2012

KISI-KISI UJIAN NASIONAL SEKOLAH DASAR (UNSD)
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
    Mata Pelajaran : IPA
No.
KOMPETENSI
Indikator
No. Soal
1


Memahami ciri-ciri dan penggolongan hewan dan tumbuhan,manfaat tumbuhan dan hewan bagi manusia, serta upaya pelestariannya.
Siswa dapat menjelaskan fungsi dari ciri khusus pada hewan/tumbuhan tertentu
1
Disajikan contoh beberapa tumbuhan/hewan dalam satu kelompok, siswa dapat menentukan dasarpengelompokan dari tumbuhan/hewan tersebut
2
Siswa dapat menjelaskan manfaat hewan/tumbuhan bagi kehidupan manusia/ lingkungan
3
Siswa dapat menjelaskan tujuan melestarikan hewan/tumbuhan langka
4
2
Memahami perkembangbiakan hewan dan tumbuhan serta daur hidup hewan
Disajikan gambar hewan/tumbuhan, siswa dapat menentukan cara perkembang-biakannya
5
Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri perkembangan fisik pada manusia
6
Siswa dapat mengidentifikasi daur hidup hewan
7
3
Memahami saling ketergantungan antarmakhluk hidup
Siswa dapat menjelaskan contoh hubungan antar makhluk hidup (salah satu jenis simbiosis)
8
Siswa dapat menentukan rantai makanan yang cocok dalam komunitas/ekosistem tertentu
9
Siswa dapat menentukan peran komponen ekosistem berdasarkan gambar rantai makanan
10
4
Memahami penyesuaian diri pada makhluk hidup serta peranan manusia dalam keseimbangan lingkungan
Siswa dapat menjelaskan pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan
11
Siswa dapat menjelaskan tujuan adaptasi pada hewan/tumbuhan tertentu
12
5
Memahami bagian tubuh manusia, tumbuhan, dan hewan, menjelaskan fungsinya, serta mampu mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat.
Siswa dapat menjelaskan fungsi organ pada tumbuhan berdasarkan strukturnya
13
Disajikan gambar alat indera, siswa dapat menentukan fungsi bagian yang ditunjuk
14
Siswa dapat menjelaskan proses yang terjadi pada salah satu bagian alat pernafasan berdasarkan gambar
15
Disajikan gambar alat pencernaan manusia, siswa dapat menjelaskan proses yang dilakukan enzim/zat pencernaan yang dihasilkan oleh bagian yang ditunjuk
16
Siswa dapat menentukan urutan aliran darah pada salah satu sistem peredaran darah manusia berdasarkan gambar
17
Siswa dapat menentukan bagian kerangka manusia berdasarkan gambar
18
Siswa dapat menjelaskan fungsi zat makanan tertentu bagi kesehatan tubuh manusia
19
Siswa dapat menjelaskan cara pecegahan salah satu jenis penyakit pada manusia
20
6
Memahami sifat penyusun benda,perubahan bentuk benda dan kegunaan, serta pengaruh suhu terhadap benda dalam kehidupan sehari-hari
Disajikan ilustrasi suatu kegiatan siswa dapat menentukan jenis perubahan wujud zat yang terjadi
21
Siswa dapat menyebutkan sifat-sifat bahan untuk keperluan tertentu atau dapat menyebutkan bahan dasar benda tertentu
22
Disajikan ilustrasi tentang suatu kegiatan, siswa dapat menjelaskan pengaruh suhu terhadap benda pada kegiatan tersebut
23
Siswa dapat menjelaskan contoh jenis perpindahan kalor yang terjadi pada suatu kegiatan/peristiwa
24
7
Memahami hubungan antara gaya,gerak, energi dan perubahannya, serta manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
Disajikan gambar kegiatan tertentu, siswa dapat menentukan jenis gaya yang dimanfaatkan
25
Disajikan pernyataan/gambar, siswa dapat mengidentifikasi gaya dapat mengubah gerak/bentuk
suatu benda
26
Disajikan gambar/ilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat menentukan jenis pesawat sederhana yang sesuai digunakan.
27
Disajikan gambar alat musik, siswa dapat menunjukkan sumber bunyi dari alat tersebut
28
Disajikan gambar/pernyataan, siswa dapat menentukan sifat cahaya dari gambar/pernyataan tersebut
29
Disajikan gambar/pernyataan, siswa dapat menentukan perubahan energi yang terjadi
30
Siswa dapat menyebutkan contoh energi alternatif dalam kehidupan sehari-hari.
31
Disajikan gambar rangkaian listrik, siswa dapat menentukan lampu yang menyala/mati jika salah satu saklar diputus/disambung
32
8
Mendeskripsikan berbagai jenis sumber daya alam, perubahan yang terjadi dalam pengunaannya, serta dampaknya bagi kehidupan.
Siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis tanah
33
Disajikan gambar/pernyataan, siswa dapat menentukan manfaat salah satu jenis sumber daya alam
34
Siswa dapat menyebutkan salah satu kegiatan manusia yang dapat mengubah permukaan bumi (pertanian,perkotaan, dsb)
35
Siswa dapat mengelompokkan jenis sumber daya alam yang dapat diperbaharui/tidak dapat diperbaharui.
36
9
Memahami sistem tata surya bagi kehidupan.
Menentukan nama planet/ciri-ciri planet dalam tata surya
37
Siswa dapat menjelaskan akibat gerakan bumi/bulan terhadap kehidupan di bumi
38
Siswa dapat mengidentifikasi gambar terjadinya gerhana matahari/bulan atau menjelaskan terjadinya gerhana matahari/bulan.
39
Siswa dapat menjelaskan dasar perhitungan tahun masehi/tahun hijriah.
40

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar