Senin, 16 Januari 2012

KISI-KISI UN SD BHS.IND 2011/2012

KISI-KISI UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012
A. KISI-KISI UJIAN NASIONAL SD/MI
1. BAHASA INDONESIA SD/MI
NO. KOMPETENSI INDIKATOR
Disajikan teks bacaan 3 – 4 paragraf, siswa dapat:
• menjawab pertanyaan dengan kata tanya (apa, siapa,
bagaimana, atau mengapa)
• membuat kalimat tanya sesuai dengan isi salah satu
paragraf
• menentukan ide pokok salah satu paragraf
• menentukan kalimat yang sesuai dengan salah satu
paragraf.
Disajikan gambar kemasan obat yang terdapat
petunjuk pemakaiannya, siswa dapat menjelaskan
penggunaan obat sesuai dengan tingkatan umur.
Disajikan petunjuk penggunaan sebuah produk yang
diacak, siswa dapat mengurutkan dengan susunan
yang tepat.
Disajikan rubrik khusus surat pembaca, siswa dapat
menentukan kalimat saran dengan tepat.
Disajikan cuplikan pengumuman, siswa dapat
menentukan isinya.
Disajikan teks drama, siswa dapat:
• menentukan tokoh utama
• menentukan latar
• menentukan amanatnya.
Disajikan paragraf yang terdiri atas 4 kalimat, siswa
dapat menentukan kalimat utamanya.
Disajikan teks percakapan, siswa dapat menyimpulkan
isinya.
Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat:
• menentukan makna yang terkait di dalamnya
• mengartikan salah satu kata sulit dalam kalimat.
• Menentukan antonim salah satu kata yang terdapat di
dalam paragraf.
Siswa dapat menentukan peribahasa sesuai ilustrasi
yang disajikan.
Siswa dapat menentukan ungkapan sesuai ilustrasi
yang disajikan.
Disajikan pantun, siswa dapat menentukan pesan yang
terkandung di dalamnya.
Disajikan dua teks, siswa dapat menentukan
persamaannya
1. Membaca
Membaca berbagai teks nonsastra
berupa teks sederhana, laporan,
pengumumsn, petunjuk pemakaian,
ringkasan, makna kata, dan rubrik
khusus, serta berbagai karya sastra
berupa puisi, dongeng, cerita anak,
dan drama anak.
Disajikan jadwal perjalanan beberapa nama kereta api
berbagai jurusan, siswa dapat:
• membuat pernyataan sesuai isi jadwal
• menentukan kereta tertentu yang berangkat/datang
lebih cepat/lambat sesusi isi jadwal
SD/MI/SDLB – Standar Isi – 2011-2012 2
NO. KOMPETENSI INDIKATOR
Disajikan puisi, siswa dapat menentukan isi/ maksud
yang terkandung di dalamnya.
Disajikan cuplikan cerita anak, siswa dapat
menyimpulkan isinya.
Disajikan cuplikan laporan, siswa dapat:
• menentukan isinya
• memperbaiki kalimat yang salah strukturnya.
Disajikan percakapan dua atau tiga orang, siswa dapat
menentukan topiknya.
Disajikan teks satu paragraf, siswa dapat:
• menentukan ringkasannya
• menentukan temanya
• menentukan pesan yang terkandung di dalamnya.
Disajikan teks puisi pendek, siswa dapat:
• menentukan parafrase yang tepat
• menentukan makna kata pada puisi yang disajikan.
Disajikan petunjuk cara membuat sesuatu yang diacak,
siswa dapat mengurutkan sehingga menjadi sebuah
petunjuk yang runtut.
• Disajikan empat kalimat yang disusun secara acak,
siswa dapat mengurutkan sehingga menjadi paragraf
yang padu.
• Disajikan dua kalimat tunggal, siswa dapat
menggabungkan dengan kata hubung yang tepat.
• Disajikan kalimat rumpang, siswa dpat melengkapi
dengan kata gabung yang tepat.
Disajikan surat undangan suatu kegiatan yang belum
lengkap, siswa dapat melengkapi dengan kalimat
efektif yang tepat.
Siswa dapat menentukan tanda baca pada kalimat surat
yang disajikan.
Disajikan cuplikan pengumuman yang belum lengkap,
siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang di
dalamnya terdapat kata depan yang tepat.
Disajikan dialog antara dua atau tiga orang yang
belum lengkap, siswa dapat melengkapi dengan
kalimat yang tepat.
Disajikan formulir dan data isian, siswa dapat
melengkapi formulir sesuai dengan data yang
disajikan.
Disajikan teks pidato yang belum lengkap, siswa
dapat:
• melengkapi dengan kalimat yang tepat
• memperbaiki kalimat yang ejaannya salah.
Disajikan surat resmi yang di dalamnya terdapat kata
yang tidak tepat, siswa dapat memperbaikinya dengan
kata yang sesuai orang yang dituju.
Disajikan cuplikan laporan, siswa dapat membetulkan
ejaan yang salah.
2. Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan,
dan informasi dalam bentuk karangan
sederhana, petunjuk pemakaian, surat,
pengumuman, dialog, formulir, teks
pidato, laporan, dan ringkasan dengan
menggunakan ejaan dan pilihan kata
yang tepat; menulis berbagai karya
sastra untuk anak berbentuk cerita,
puisi, parafrase, dan pantun
Disajikan data, siswa dapat menentukan kalimat
laporan sesuai data.
SD/MI/SDLB – Standar Isi – 2011-2012 3
NO. KOMPETENSI INDIKATOR
Disajikan sebuah pantun yang belum lengkap di
bagian isi, siswa dapat melengkapi dengan kalimat
yang tepat.
Disajikan gambar kegiatan, siswa dapat menyusun
sebuah paragraf yang sesuai dengan maksud gambar.
Disajikan paragraf rumpang, siswa dapat melengkapi
dengan kalimat yang tepat.
SD/MI/SDLB – Standar Isi – 2011-2012 4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar